Minggu, 14 November 2010

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MUSIK PUNK ROCK DI PANDEGLANG

Pertama kali terlahirnya dan merambahnya music punk rock di pandeglang berawal pada tahun 1997. Dan band pertama yang mencetuskan genre beraliran punk rock ini antara lain :

• Crazy Cow
• Luka Berat
• Urgen Point
• Emergency Report
• Full Diet
• Tersesat Di Hutan
• Dll (sampai sekarang)

Dari semua band di atas hanya Luka Berat yang paling aktif dan banyak membuat karya musik yang bertitle atau terangkum dalam sebuah album “ BAD N SUCK, DRINK N DRUNK “. Dari album tersebut yang menonjol yaitu lagu yang berjudul “ Alkohol Jiwaku “ dimana lagu ini menceritakan pola hidup mereka ( Luka Berat ) dalam kehidupan sehari-hari, dan lagu ini pula yang menghipnotis kalangan muda di pandeglang khususnya anak-anak musik di pandeglang. Dalam album “ BAD N SUCK , DRINK N DRUNK “ terdapat delapan lagu, yaitu :

- Alkohol Jiwaku..
- Gakasah Ngamin Kami..
- Nama Baik Hanya Cukup Satu Kali..
- Kenapa Kalian Kerjanya Hanya Tidur..
- Malang Nasibnya Jiwa Seniman..
- Lawan Musuhmu..
- Persahabatan Penuh Dilema..

Semua lagu yang mereka ( Luka Berat ) buat, diambil dari kehidupan mereka sehari-hari. Apa yang mereka ( Luka Berat ) lihat, apa yang didengar, dan apa yang dirasa mereka tumpahkan dalam sebuah lagu. Dan nama Luka Berat sendiri di ambil dari…
“L” = Laskar
“U” = Ujung
“K” = Kulon
“A” = Anarki
Bila semua digabung menjadi “Luka Berat” dimana nama tersebut dambil dari sebuah daerah yang anarkis berat, dan bisa dikatakan seperti itu.

Band yang bergenre Melodic / Punk Rock ini cukup di kenal di pandeglang dan kota lainnya, dimana band ini konsisten untuk memegang teguh prinsip dan idealism genre tersebut walaupun banyak genre baru yang sekarang bermunculan di Indonesia khususnya di Pandeglang.

Dengan prinsip yang diasung “Luka Berat” ini, mereka tidak menginginkan perubahan lagu – lagu pada zaman sekarang, yang betapa banyak band-band sekarang bermunculan di Pandeglang yang tidak mengetahui dan senonoh dalam hal-hal seni musik dan makna dari genre music tersebut. Ketika saya bertanya sesuatu dan menanyakan bagaimana perkembangan musik Melodic / Punk Rock di Pandeglang. Saya mencoba bertanya pada Lepet, dia adalah vokalis dari band “Luka Berat”. Ketika saya bertanya “bagaimana perkembangan music di pandeglang?”

Lepet : “Menurut saya timbulnya genre-genre lain selain punk rock pada zaman sekarang terlalu menyontek atu terlalu meniru pada kaum genre punk rock dan melodic, contohnya emo, emo metal dll. Band-band baru yang ada di kota Pandeglang ini terlalu menonjolkan fashion dan accessories mereka ketimbang musik yang diusung band tersebut. Band-band punk rock di Pandeglang ini tidak menyukai band-band pada zaman sekarang yang kebanyakan terlalu meniru dan menyontek dalam gaya atau fashion mereka”.

Hmmm…. Menurut pendapat saya tidak semua band seperti itu, masalahnya dalam pengetahuan saya dalam bergelut di dunia musik di daerah pandeglang kebanyakan band-band sekarang meniru band-band pendahulunya dalam genre yang diasung band tersebut, contohnya KILLING ME INSIDE pada BMTH dan sejenisnya. Jadi wajar-wajar saja ketika kita meniru band-band pendahulu kita yang ber-genre sama dengan kita apa lagi band tersebut sudah bisa dikatakan mendunia, kecuali band itu berbeda genre dengan kita. Itulah yang disebut jati diri. Nah.. bagaimana menurut anda? Apakah pendapat anda juga berbeda???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar